Sabtu, 19 Januari 2013

organisasi yang berkembang





TEORI ORGANISASI UMUM
ORGANISASI YANG BERKEMBANG (GO PUBLIC)







Disusun oleh :
Nama : Melanie Susanti
NPM : 14111406
Kelas : 2 KA 32



UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2012/2013



Kata Pengantar





 Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah Tuhan seru sekalian alam atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tulisan dengan judul ”Teori Organisasi Umum”. Dalam penyusunannya, penulis memperoleh banyak bantuan dari berbagai pihak, karena itu penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada: Kedua orang tua dan segenap keluarga besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun penulis berharap isi dari tulisan ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar skripsi ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata penulis berharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca.





Bekasi, Januari 2013 
Penyusun




Melanie Susanti


Organisasi adalah bentuk formal dari sekelompok manusia dengan tujuan individualnya masing-masing (gaji, kepuasan kerja, dll) yang bekerjasama dalam suatu proses tertentu untuk mencapai tujuan bersama (tujuan organisasi). Dalam berorganisasi semua berpikir bagaimana cara memperbesar organisasi kita. Organisasi itu sendiri bisa dikembangkan dengan tiga cara seperti Kerjasama, Membuat Anak Perusahaan, dan Go Publik. Tiga cara diatas biasanya digunakan oleh Organisasi niaga atau Perusahaan.

Agar tujuan organisasi dan tujuan individu dapat tercapai secara selaras dan harmonis maka diperlukan kerjasama dan usaha yang sungguh-sungguh dari kedua belah pihak (pengurus organisasi dan anggota organisasi) untuk bersama-sama berusaha saling memenuhi kewajiban masing-masing secara bertanggung jawab, sehingga pada saat masing-masing mendapatkan haknya dapat memenuhi rasa keadilan baik bagi anggota organisasi/pegawai maupun bagi pengurus organisasi/pejabat yang berwenang. 
Go public
Kegiatan penawaran saham atau obligasi untuk di jual kepada umum untuk pertama kalinya. Merupakan sarana pendanaan usaha melalui pasar modal, yaitu dapat berupa penawaran umum saham maupun penawaran umum obligasi.
Go public (penawaran umum)
Meliputi kegiatan berikut:
n  Periode pasar perdana
n  Penjatahan saham
n  Pencatatan efek di bursa




Perbedaan perusahaan Tidak Go Public dengan Go Public
Tidak Go Publik
n  Persyaratan pengungkapan minimum tidak mutlak
n  Jml pemegang saham terbatas
n  Kewajiban penyampaian laporan tidak mulak
n  Pemisahan antara pemilik dan manajemen bukan merupakan kebutuhan mendesak
n  Pergantian kepemilikan saham rendah
n  Tindakan manajeman tidak selalu menarik perhatian masyarakat  
Go Public
n  Mutlak ditaati
n  Lebih dari 300 orang
n  Mutlak
n  Merupakan kebutuhan
n  Tinggi
n  Menjadi perhatian masyarakat

Persiapan dalam rangka Go Public
n  Rencana mencari dana
n  Minta persetujuan kepada pemegang saham dan perubahan Anggaran Dasar dalam RUPS
n  Mencari profesi penunjang dan lembaga penunjang untuk membantu menyiapkan kelengkapan dokumen
n  Mempersiapkan kelengkapan dokumen emiten
n  Kontrak pendahuluan dengan bursa efek dimana efeknya akan dicatatkan
n  Penandatanganan perjanjian2 emisi
n  Khusus penawaran obligasi atau efek lainnya yang bersifat utang, terlebih dahulu harus memperoleh peringkat dari lembaga pemeringkat efek
n  Menyampaikan pernyataan pendaftaran beserta dokumen2 nya kepada BAPEPAM, sekaligus melakukan ekspos terbatas di BAPEPAM





Kesimpulan
Jadi kesimpulannya bila kita berada dalam sebuah organisasi dan ingin organisasi atau perusahaan kita maju dan berkembang kita bisa saja mengikuti perusahaan perusahaan yang sudah lebih dahulu berkembang dengan cara memperbanyak kerjasama demi tujuan bersama, memperluas wilayah organisasi dengan membuat anak-anak perusahaan dari perusahaan yang kita buat dan berusaha menjadi organisasi perusahaan yang go publik yang dapat menerima masyarakat luas baik berupa investasi atau pinjaman modal.





0 komentar:

Posting Komentar